Saturday 1 June 2019

Menulislah, Luapkan Emosimu

#30HariMenulis2019_Hari_1


Ya, hari ini adalah hari pertama ikutan Challenge Menulis 30 Hari. Alasan sederhana sih ikutan ini. Sebenarnya saya gak seperti pujangga yang jago merangkai kata. Tapi mungkin dengan menulis, bisa meluapkan sedikit emosi dan tekanan yang ada. Pernah baca sebuah artikel kalau ternyata wanita itu harus ngeluarin 20.000 kata per hari biar gak stress. Nah, saya memilih menulis sebagai solusinya. Dari pada merepet nggak jelas dan ribut sana-sini, tentu lebih bagus ditulis begini. Walau ribet banyak yang harus dipertimbangkan saat membuat keputusan ini.


Alasan lain kenapa ikut challenge ini adalah untuk melatih konsistensi diri. Apalagi menulis sesuai tema itu luar biasa. Kenapa luar biasa? Ya karena biasanya kita nulis ya nulis aja. Apa yang ada dipikiran langsung dituangkan. Kalau pakai tema begini pasti perlu effort1 lebih untuk menulis.


Harapan saya enggak muluk-muluk kok. Cuma ingin konsisten aja. Syukur-syukur nambah ilmu banyak dan nambah saudara.
Sebenarnya dari awal masih maju mundur cantik mau ikutan. Mulai dari laptop yang udah dimuseumkan karena gak mau nyala lagi, terpaksa harus ngetik di handphone yang lebih ribet. Waktu yang terbatas dengan balita dan bayi yang artinya harus mengurangi jam istirahat saya, hingga kekonsistenan saya untuk terus mengikuti challenge  dari awal hingga akhir. Anggaplah saya sedang membangun komitmen dengan kata-kata.
Apalagi awal-awal mulai yang bertepatan dengan jadwal libur, sedikit banyak tentu akan mempengaruhi kebiasaan sebelum mengikuti challenge ini.


Tulisan yang masih amburadul. Padanan kata yang tak seelok rangkaian tulisan dari penulis ternama, hingga manajemen waktu yang belum sesempurna penulis kelas atas tentu menjadi beban moral tersendiri bagi penulis amatir seperti saya.
Ah, kapan lagi coba bisa belajar gini. Selagi ada kesempatan di depan mata untuk menulis walau bukan untuk dikomersialkan ya diambil. Mana tau kedepannya bisa mengasah padanan kata agar lebih enak dibaca, atau malah mampu menuangkan ide yang menjadi tulisan best seller sepanjang masa. Harapan yang terlalu tinggi. Anggaplah itu bagian dari motivasi.


Sebenarnya banyak hal yang bergejolak di pikiran saya saat ini. Tapi, untuk menuangkannya dalam rangkaian aksara susah ternyata. Semoga dengan konsisten menulis 30 hari mulai hari ini, sedikit banyak menambah pengetahuan saya yang masih sangat kurang dalam dunia literasi. Salam literasi dari penulis amatir yang masih bingung menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. InsyaAllah semakin baik kedepannya. Amiin.

Total kata : 366 kata
Kata Kunci :
1. Effort : Usaha (Inggris)

0 komentar:

Post a Comment