Saturday 2 January 2016

Bayi Rewel dan Menangis, Berikut Solusinya

     Bayi memang belum mampu berbicara untuk berkomunikasi. Tangisan merupakan satu-satunya cara agar orang tua memahami apa keinginan bayi. Selain haus, lapar dan basah popok, terkadang bayi menangis tiba-tiba. Orang tua kadang bingung dan panik mendengar rewelan bayi yang tak henti. Penyebab bayi menangis lainnya bisa anda baca di sini.
     Sebagai orang tua yang penuh kasih, tentu kita akan langsung mendiamkan si buah hati. Cara-cara apa yang bunda gunakan ketika mendiamkan bayi bunda? Berikut akan penulis jelaskan cara-cara yang pernah penulis gunakan untuk mendiamkan dedek bayi yang rewel:

Gendong Ia 

     Terkadang, bayi merasa bosan di tempatnya sekarang. Bayi anda juga ingin jalan-jalan dan melihat apa yang ada di sekitarnya. Gendong ia sambil bunda mendesis sssh sssssh ssssshhh sssshhhh dan bawa ia sekedar keliling rumah, ia pasti terdiam. Bayi juga butuh kehangatan bunda loh.

Dengarkan Musik

     Bayi yang menangis juga bisa diam ketika mendengar musik. Peneliti dari Inggris mengemukakan bahwa musik heavy metal jauh lebih mudah mendiamkan bayi rewel daripada musik yang lembut. Tapi penulis sendiri mendengarkan dedek bayi dengan musik yang lembut atau ayat suci Al-quran, justru bayi lebih tenang mendengar kalamullah.

Bisikkan Kata-kata Cinta

     Ini adalah cara yang ampuh menurut penulis. Saat bayi rewel dan menangis tiba-tiba, ia mungkin merasa takut, tertekan atau tak nyaman. Bisikkan kata-kata seperti ssst, diam nak, bunda sayang kamu. diam sayang sambil menepuk-nepuk pantatnya perlahan, bayi biasanya langsung diam karena orang yang ia harapkan berada tetap disampingnya.

     Inilah cara-cara yang sudah penulis buktikan ampuh. Cara-cara lain kurang bekerja seoptimal ketiga cara ini ketika penulis aplikasikan ke bayi penulis sehingga penulis tidak menuliskannya di blog ini. Jika bunda memiliki pengalaman lainnya dalam mendiamkan bayi, boleh di share di komentar ya bun. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment