Friday 1 January 2016

Mengatasi Luka Pada Payudara Saat Bayi Tumbuh Gigi


     Saat bayi mulai tumbuh gigi, gusi bayi biasanya gatal. Karena hal itu, bayi seringkali menggigit puting payudara ibu sehingga payudara ibu pun terluka. Banyak cara dilakukan ibu agar tak digigit putingnya. Mulai dari memasukkan tangan ke mulut bayi agar tangan ibu yang digigit, menekan pipinya agar gigitan bayi terlepas atau malah menekan hidungnya agar bayi bernafas dari mulut dan otomatis gigitan bayi terlepas.
     Yang terpenting, ketika bayi ibu menggigit, jangan berteriak karena bayi akan terkejut. Pengalaman penulis ketika penulis berteriak, bayi terkejut dan justru menangis tanpa henti. Jika sudah begitu, sebagai orang tua tentu kita merasa sangat bersalah. Karena kejadian gigit-menggigit ini pula, tak jarang orang tua melakukan tindakan keras dengan cara menyapih bayi. Keadaan ini sangat tidak disarankan karena dikhawatirkan bayi kekurangan gizi yang nantinya pertumbuhan bayi tidak optimal. Ketika masa belajar bayi nanti, ketika anak kita agak susah menangkap pelajaran, sebagai orang tua kita terus memarahinya. Sadarkah bunda bahwa itu juga kesalahan bunda yang terburu-buru menyapih bayi padahal bayi belum genap setahun, apalagi 2 tahun.
     Ketika bayi menggigit, kita bisa ajarkan bayi untuk tidak menggigit payudara kita dengan cara:
  1. Ajarkan bayi bahwa payudara ibu bukan mainan untuk digigit. Lama kelamaan bayi akan mengerti bahasa bunda. 
  2.  Fasilitasi bayi yang suka menggigit dengan memberinya teether sebelum dan sesudah menyusui dan bayi dengan sendirinya akan paham bahwa ada benda yang bisa digigit untuk memuaskan rasa gatal pada gusinya.
  3. Untuk mengobati luka yang sudah terlanjur terjadi, bunda dapat membeli obat di apotik dan apoteker akan memberikan obat yang sesuai dengan keluhan bunda.
  4. Hal yang paling penting adalah PERHATIKAN PERLEKATAN MULUT BAYI DENGAN PAYUDARA BUNDA. Menyusui tetap harus dilakukan dengan cara dan tehnik yang tepat. Sebelum terjadi insiden ini, saya menganggap bahwa proses menyusui yang saya lakukan sudah benar dan tepat. Padahal tidak. Seharusnya, aereola (bagian hitam payudara) harus masuk dengan sempurna ke mulut bayi. Dengan begitu, bayi tidak akan menggigit. Cara ini lebih mudah dilatih dengan cara duduk. Mulut bayi harus terbuka lebar dan bunda bisa menarik dagunya sedikit dengan perlahan. Luka di payudara bunda pun akan berangsur-angsur pulih.
     nah, itulah tips yang dapat saya bagikan sesuai pengalaman saya menyusui untuk pertama kali. Mungkin bunda masih memiliki tips lainnya? Jangan lupa berbagi di kolom komentar yah bun.


0 komentar:

Post a Comment