Friday 1 January 2016

Menyembuhkan Rematik Secara Alami

        Rematik atau dalam istilah medis dikenal dengan nama Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit yang menyerang anggota gerak seperti sendi, otot, tulang dan jaringan di sekitar sendi. Sampai saat ini, etiologi atau penyebab dari rematik belum diketahui secara pasti. Tapi yang dipercaya ahli medis, penyebab rematik adalah gangguan autoimun. Gangguan autoimun ini merupakan suatu keadaan di mana tubuh salah menyerang virus, bakteri atau benda-benda asing lainnya dan malah menyerang tubuh sendiri. Akibatnya, sendi mengalami gangguan dalam melakukan pergerakan atau malah fungsi sendi dapat hilang sepenuhnya.
     Selain manifestasi klinis yang sudah dijelaskan, rematik juga menyebabkan tubuh merasa demam, kelelahan dan bahkan nafsu makan dapat berkurang. Yang penting untuk diketahui, penyebab rematik bukan karena mandi malam, AC dan kipas angin.
     Rematik dapat dikurangi gejalanya secara alami. Berikut tips mengobati rematik agar rasa sakit berkurang.

  1. Mengurangi berat badan. Berat badan yang berkurang akan mengurangi beban pada sendi lutut.
  2. Makan makanan yang kaya omega 3. Omega 3 sangat baik untuk jantung dan terbukti dapat mengurangi peradangan pada sendi. Sumber makanan kaya omega 3 diantaranya: ikan laut.
  3. Mengurangi makanan yang mengandung purin seperti daging sapi, jeroan, udang dan kepiting. Purin dapat meningkatkan kadar asam urat. Apabila tubuh tidak mampu mentolerir asam urat yang masuk, maka asam urat akan menumpuk di persendian berbentuk kristal natrium urat. Hal ini bisa menyebabkan rematik karena kadar asam urat yang tinggi (Rematik Gout)
  4. Konsumsi ALPUKAT. Alpukat merupakan buah yang kaya kandungan gizi dan dipercaya sejak dulu untuk mengurangi nyeri sendi akibat rematik. Nenek penulis sendiri mengkonsumsi alpukat yang dicampur tape singkong dan rematiknya berangsur0angsur berkurang. Bisa juga dengan mengkonsumsi jus alpukat.
  5. Konsumsi jeruk juga dipercaya dapat mengurangi gejala rematik. Jerulk dapat dimakan langsung atau diperas sarinya untuk diminum.
  6. Apel juga dipercaya mampu mengurangi gejala rematik. Apel bisa dikonsumsi langsung atau dicampur nanas dan dijus.
  7. Jika rematik terjadi karena stress, sangat disarankan untuk menekan stress daan menghindari strees agar pulih dari rematik.
  8. Kompres dingin bagian sendi yang terkena rematik juga disarankan, karena mengurangi rasa nyeri dan ngilu rematik.
     Selain cara-cara alami di atas, penderita rematik juga bisa berkonsultasi dengan tenaga medis. Biasanya, mereka akan memberikan obat yang tujuannya mengurangi peradangan sehingga penderita tetap mampu menjalankan aktivitas secara optimal. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Semoga penyakit yang anda derita dapat segera sembuh.

0 komentar:

Post a Comment