Monday 4 January 2016

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Sumber gambar: hariansehat
     Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini. Buah dengan nama latin Citrus aurantifolia memang banyak digunakan ibu-ibu sebagai penghilang amis pada ikan yang akan dimasak. Selain itu, jeruk nipis juga dapat dibuat menjadi minuman yang menyegarkan saat siang hari nan panas. Siapa sangka, dibalik rasanya yang asam jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin c yang dipercaya sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit. Apa saja fungsi jeruk nipis untuk kecantikan kita?

1. Mencerahkan Kulit
     Kandungan vitamin  C yang tinggi membuat jeruk nipis dipercaya sebagai salah satu buah yang bisa mempercantik penggunanya. Fungsi vitamin C sendiri adalah mencerahkan kulit dan menjaga kekenyalan kulit. Anda bisa menggunakan jeruk nipis langsung atau membuat masker untuk diaplikasikan ke wajah. Masker Tulang Cumi-cumi salah satu contohnya. Jeruk nipis sangat efektif mengangkat sel kulit mati sehingga digantikan dengan sel kulit baru yang tentunya akan membuat kulit lebih cerah.

2. Menghilangkan Jerawat
     Selain kandungan vitamin C di dalamnya, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, Sulfur, Asam Sitrat, Asam Amino yang dipercaya mampu menghilangkan noda bekas jerawat. Anda bisa mencuci dan memotong jeruk nipis lalu mengaplikasikannya ke wajah anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan masker tomat  untuk menghilangkan jerawat.

3.Mengangkat dan Membersihkan Komedo
     Komedo sangat mengganggu penampilan karena membuat pori-pori lebih besar. Padahal, jeruk nipis mampu mengatasinya. Cukup balurkan jeruk nipis ke bagian area sekitar hidung. Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya.

4. Menghilangkan Ketombe
     Kandungan asam dalam jeruk nipis dipercaya mampu mengatasi ketombe di rambut.  Cukup potong jeruk nipis dan ratakan ke seluruh kepala. Tunggu 20 menit lalu bilas rambut anda. Pemakaian teratur akan menghilangkan ketombe di rambut anda.

     Itulah segudang manfaat jeruk nipis daripada hanya sekedar pembersih alat-alat dapur. Semoga brmanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment