Monday 28 December 2015

Mengapa Bayi Menangis?


source image: www.cara-wanita.com



   Ketika bayi rewel atau menangis tanpa henti, banyak orang tua yang merasa kebingungan dan kesal. Bagaimana tidak, saat-saat indah bersama sang buah hati terasa terganggu. Banyak orang tua yang panik dan kalang kabut saat mendapati buah hati mereka menangis.

   Sebenarnya, menangis merupakan proses fisiologis dalam kehidupan bayi yang akan terus berkembang. Menangis merupakan salah satu cara sang bayi untuk berkomunikasi dan memberi tau bunda apa yang sedang dialaminya.

    Sebenarnya, ada banyak hal yang membuat bayi menangis. Apa saja itu? 

  1. Bayi menangis biasanya karena lapar. Jika bayi belum diberikan MPASI, susui bayi sesegera mungkin.
  2.       Periksa popoknya. Mungkin popok bayi anda sudah terlalu penuh sehingga si bayi merasa kurang nyaman dengan keadaannya.
      3. Bayi anda mungkin bosan. Gendong ia dan bawalah jalan-jalan atau sekedar melihat-lihat sesuatu di luar rumah
      4. Periksa perutnya, apakah ketika disentuh bayi enggan disentuh di bagian perut dan memindahkan tangan anda dari perutnya, kemungkinan bayi anda terkena kolik.
      5. Jika ketika anda memegang telinga bayi anda dan si bayi terus meringis dan melarang anda memegang telinganya, kemungkinan bayi anda terkena infeksi atau ada luka di telinganya.
     

      6. Gigi bayi anda sedang tumbuh. Ketika bayi anda tumbuh gigi, gusinya akan terasa sakit dan gatal sehingga ia sering menangis.
      7.   Bayi anda mungkin alergi dengan makanan tertentu yang anda berikan.             
      8.  Periksa keadaan kamarnya. Bayi akan menangis jika kamarnya terlalu terang atau terlalu gelap. kamar yang terlalu terang membuat bayi tidak nyaman. kamar yang terlalu gelap membuatnya was-was dan merasa takut.


      9. Kadang kala, bayi sering menangis karena pakaian yang dikenakan kurang nyaman. Bisa jadi terlalu ketat, sudah basah, atau bahan yang digunakan dalam baju tersebut tidak sesuai untuk bayi anda.
      10. Hidung tersumbat karna flu juga merupakan penyebab bayi menangis. Bayi akan terus menangis sampai saluran nafasnya terbuka. Ada baiknya bunda menyedot sekret yang ada di hidung bayi bunda. Usahakan jangan dilap, karena bayi akan merasa sakit dan justru akan lebih sering menangis.

            Nah, jangan khawatir jika bayi anda menangis. Tapi jangan biarkan bayi anda menangis terus. Berikan kasih sayang sepenuhnya agar pertumbuhannya optimal. Semoga bunda sekalian tidak pernah membiarkan bayinya menangis kelelahan. Rawat anugerah Tuhan baik-baik bunda.

     


    .
     

0 komentar:

Post a Comment