Wednesday 14 October 2015

Mengenalkan Si Buah Hati Dengan MP ASI


sumber gambar: log.viva.co.id

Bayi bunda sudah berusia enam bulan??? ayo kenalakan dengan MP(Makanan Pedamping) ASI karena ketika usia bayi sudah mencapai 6 bulan bayi memerlukan zat gizi tambahan sebagai penunjang pertumbuhan. Untuk menghindari berbagai kelainan yang mungkin terjadi, sebaiknya bunda:



  1. sebaiknya kenalkan si kecil dengan bubur susu terlebih dahulu agar pencernaan bayi tidak terkejut
  2. berikan bubur dengan porsi sedikit ketika bayi mulai belajar makan, lalu porsi bisa di tambah sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi.
  3. sebaiknya membuat bubur bayi dengan bahan buburnya langsung, misalnya: jika ingin membuat bubur beras sebaiknya menggunakan beras yang dimasak lalu kemudian disaring. hindari penggunaan bahab-bahan yang ditepung contohnya tepung Gafol, karena karbhidrat akan berubah menjadi gluten yang memberatkan kerja pankreas bayi sehingga ketika anak besar nanti mengalami risiko penyakit diabetes tipe II.
  4. Berikan makanan yang sama selama empat hari untuk mengetahui apakah bayi bunda mengalami alergi atau tidak. 
  5. Berikan bayi makanan yang berasal dari jenis sereal serpi beras dan beras merah agar lebih mudah dicerna.Hindari memberi makanan bayi dari kacang-kacangan, sea food, telur, daging yang dapat menimbulkan alergi.Makanan tersebut bisa diperkenalkan jika  bayi bunda tidak memiliki alergi.
  6. Jangan Tambahkan garam dan gula pada makan bayi. garam tidak boleh diberikan karena ginjal bayi belum berfungsi seperti halnya orang dewasa sehingga ketika ia besar mengalami risiko kegagalan ginjal. Garam dapat diberikan ketika bayi berumur satu tahun dengan takaran 1/4 sendok teh perhari.Pemberikan gula menyebabkan kerusakan pada gigi bayi dan meynebakan gula darah meningkat(hiperglutemia).
  7. Jangan memberikan bayi makanan yang pedas kerena akan mengganggu pencernaan bayi sehingga bai dapat terkena diare.Merica atau lada dapat diberikan ketika bayi berusia 2 tahun.
  8. Jika ingin menambahkan mentega pada makanan bayi,sebaiknya berikan ketika bayi berusi 8 bulan karena mentega mengandung lemak yang tinggi.
  9. Pastikan alat makan dalam keadaan steril. Untuk mensterilkan perlengkapan alat makan bayi, setelah dicuci kita dapat merebusnya di dalam air mendidih selama 10 menit.
  10. Pastikan bunda mengganti menu makanan bayi agar bayi tidak bosan untuk makan.
 Ingat ! MP ASI bukanlah makanan pengganti ASI tetapi Makanan Pendamping ASI. Bayi yang berusia di bawah 1 sahun harus diberikan asi lebih banyak dar pada makanan.(http://anggiseptria.blogspot.co.id/)

0 komentar:

Post a Comment