Wednesday 7 October 2015

Kenali Notching, Menyempitnya Pembuluh Darah di Rahim pada Ibu Hamil



Pemeriksaan USG Doppler bisa menilai arus darah di rahim ibu hamil. Nah, hasil USG doppler bisa menunjukkan adanya notching. Nah, apa yang dimaksud dengan notching?

"Notching sederhananya ketika di pembuliuh darah itu ada tekanan darah yang meningkat dan ada arus balik. Notching merupakan salah satu parameter kondisi pembuluh darah ibu," kata pakar fetomaternal dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Med Damar Prasmusinto SpOG(K).

Dijelaskan dr Damar, normalnya pembuluh darah pada ibu hamil melebar. Namun, ketika ada notching, pembuluh darah menyempit sehingga tekanan di dalamnya pun lebih tinggi. Menyempitnya pembuluh darah juga bisa menimbulkan turbulensi yang lebih besar.

Nah, turbulensi yang lebih besar bisa menghasilkan sitokin atau zat kimia dalam darah yang dapat memicu tekanan darah tinggi hingga berisiko terjadi preeklampsia. Selain itu, turbulensi yang cukup besar juga bisa menyebabkan penyaluran nutrisi ke bayi tidak optimal.

"Untuk mendeteksi dini adanya notching ya dengan skrining di tiap trimester 1, 2, dan 3. Kalau ketahuan ada gangguan di pembuluh darah ibu, atau ada gangguan pada bayinya, bisa cepat kita atasi," lanjut dr Damar ditemui di Klinik Fetomaternal RSCM, Jl Kimia, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2015).

Lantas, apa penyebab timbulnya notching? "Macam-macam, bisa malnutrisi, kekentalan darah, atau si ibu memang ada penyakit penyerta seperti diabetes atau hipertensi," ucap dr Damar.

Jika memang penyebabnya malnutrisi, maka asupan makanan ibu harus diperbaiki. Begitupun jika penyebabnya adalah penyakit penyerta, maka penyakit tersebutlah yang harus ditangani lebih dulu. Misalnya saja diabetes gestational, dikatakan dr Damar dengan mengatur pola makan dan olahraga, kadar gula darah ibu bisa lebih terkontrol.

sumber:detik.com

0 komentar:

Post a Comment