Sunday 7 December 2014

Tips Memilih Suplemen yang Baik untuk Anak




Sea-Quill
Sumber Gambar: Vemale.com
            Siapa yang tidak mau anaknya tumbuh dengan sehat. “Sehat” sangat didambakan oleh orang tua, khususnya pada jaman globalisasi dengan pola hidup yang tidak teratur ini. Untuk membuat anak sehat, sebagai orang tua yang baik tentu harus menentukan makanan kesehatan yang sesuai untuk anak. Makanan harus mengandung zat gizi yang mempunyai tiga fungsi penting untuk tubuh, yaitu:
1.      Sebagai sumber energy. Sumber energi utama adalah karbohidrat yang bisa didapat dari konsumsi makanan pokok harian.
2.      Mampu memelihara jaringan tubuh dan pertumbuhan. Protein berperan penting dalam proses-proses kehidupan. Protein berguna untuk mensintesis jaringan tubuh untuk proses perbaikan dan pertumbuhan.
3.      Mengatur proses metabolisme pada tubuh.
          Suplemen multivitamin bisa diberikan sebagai pelengkap dan penambah nutrisi bagi anak. Suplemen kesehatan harus berisi multivitamin dan gizi penting harian yang dianjurkan. Suplemen juga dapat diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan kondisi individu, seperti keluhan (penyakit) dan kelompok umur tertentu. Artinya, jumlah vitamin yang harus dikonsumsi setiap individu berbeda tergantung kondisi individu tersebut.
            Berikut adalah cara memilih suplemen kesehatan berdasarkan penelitian  universitas Harvard menurut Bestbook (2010) dalam A-Z Multivitamin Untuk Anak dan Remaja adalah :
1.      Cari produk yang bersegel resmi. Produk-produk yang disetujui pemerintah seperti departemen kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) biasanya aman dan memenuhi standar mutu. Hati-hati dengan barang penipuan. Lebih baik lagi jika anda memilih produk suplemen kesehatan dari perusahaan yang bisa dipercaya dan selama ini produknya tidak pernah ada masalah.
2.      Waspadalah terhadap produk suplemen kesehatan yang materi produknya terlalu mencolok mata. Bukan tidak mungkin produknya menggunakan zat pewarna yang kurang baik untuk kesehatan.
3.      Jangan terlalu memerdulikan tambahan lainnya. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk suplemen kesehatan yang bebas allergen bila anak anda jelas tidak alergi terhadap kandungan tersebut. Beda lagi jika anak anda mempunyai alergi khusus, anda harus rela merogoh kocek lebih untuk membeli produk tersebut.
4.      Selalu periksa tanggal kadaluarsa multivitamin yang anda beli.
5.      Perhatikan baik-baik efek samping yang tertera dalam lebel kemasan dan selalu beritahu dokter atau apoteker seputar suplemen kesehatan yang sedang anak anda konsumsi.
Untuk konsumsi suplemen vitamin E, ada baiknya konsumsi vitamin E dengan cairan berlemak, seperti segelas susu.
6.      Seperti halnya obat, suplemen kesehatan harus disimpan di tempat aman, sejuk dan kering. Usahakan agar tidak bercampur dengan bahan kimia atau obat lain dan jauh dari jangkauan anak.
7.      Ketahui kadar nutrient yang anak anda butuhkan perhari. Jangan memberikan nutrient melebihi yang dibutuhkan tubuh anak anda. Kelebihan pemberian nutrient mengakibatkan tubuh anak terbiasa mengkompensasi jumlah nutrient yang banyak, sehingga ketika anak sakit, anak anda membutuhkan asupan nutrient jauh dari kebutuhan hariannya.
Kebutuhan gizi anak

Tabel 1. Kecukupan beberapa zat gizi anak sehari
Umur
BB (kg)
Energi (kkal)
Protein (g)
Vitamin A (S.I)
Kalsium
(mg)
Zat besi (mg)
1-3 thn
12
1250
23
350
500
8
4-6 thn
18
1750
32
460
500
9
7-9 thn
24
1900
37
460
500
10
10-12 thn
30
2000
45
500
700
14
    
 Sumber : Widya Karya Nasional Pangan & Gizi 1998.

8.      Selalu meng-update vitamin yang terbaik bagi putra-putri anda. Usahakan untuk menggabungkan vitamin dengan makanan yang kaya nutrisi dalam menu harian mereka.
9.      Tidak ada salahnya mencermati iklan suplemen kesehatan yang berlebihan, sekedar info, iklan yang berlebihan dimunculkan untuk menutupi kekurangan mutu produk yang bersangkutan.
10.  Apabila anak anda memiliki penyakit tertentu yang membutuhkan penanganan khusus, ada baiknya konsultasi kepada dokter.
       Itulah tips memilih suplemen yang telah diteliti. Bagaimana pun juga, suplemen kesehatan hanya bertindak sebagai pelengkap, bukan pengganti. Makanan kesehatan yang sesuai untuk anak akan membuat anak lebih sehat dan mampu melakukan aktivitas dengan maksimal. Anak yang sehat merupakan sinergis penerus bangsa yang nantinya akan turut serta membangun negara tercinta ini. Untuk itu, program hidup sehat harus digalakkan dengan bantuan semua elemen.

0 komentar:

Post a Comment